Minggu, 24 Juni 2012

Makanan dan Minuman Unik Khas Batam

 

       Batam yang dekat dengan Singapura ,Memiliki berbagai makanan yang khas.sebahagian wisatawan yang berkunjung ke Batam biasanya mencari tempat Wisata kuliner di Batam yang dipengaruhi makanan melayu.
Berikut ini makan khas yang dimiliki batam yang sulit ditemui dikota lain sebagai berikut :

1.Siput Gonggong 
                         


        Jangan takut bila mendengar makanan yang satu ini,karena makanan yang satu ini benar -benar tidak bersuara seperti anjing.Ia adalah sejenis siput yang bercangkang keras yang panjangnya 5 cm.Canggkangnya yang keras sering dijadikan kerajinan tangan berupa tirai.
Penyajian yang utuh beserta cangkangnya membuat selera makan bertambah.Enak sekali jika disantap dengan saos khusus yang merupakan ciri khas hidangan siput gonggong.Mencungkil dagingnya hanya dengan mengunakan lidi maka siput sudah bisa disantap.



2.Sup Ikan Batam   


      Lokasi pulau Batam yang dikitari dengan lautan membuat hidangan wisata kuliner kebanyakan berupa hasil laut.Sebagaimana biasanya hidangan sup,Sup ikan batam dihidangkan dengan kuah.
Ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri sebagai bahan utama.sup ini terasa segar tidak berbau amis karena menggunakan belimbing wuluh dan irisan tomat hijau didalamnya.Sup ini beraroma segar dan nikmat bila disantap selagi hangat.

3.Mie Lendir  


       Hidangan ini berbeda dari makanan yang berbahan dasar mie lainya,Karena mengunakan saos kacang yang dilumuri diatas Mie. Saos ini kental karena menggunakan bermacam - macam bumbu sehingga nampak kental dan sedikit berlendir.Penyajianya dilenkapi dengan tauge dan telur rebus.
Dilengkapi dengan potongan  cabe rawit jika anda menyukai makanan pedas,Makanan ini pantas menjadi pilihan.

4.Teh Obeng   ( Minuman )


                     


        Jangan merasa aneh jika mendengar minuman khas batam yang satu ini dan Anda jangan menduga atau berpikir jika minuman  es teh manis ini mengunakan obeng dalam penyajian.Bukan!! ini adalah minuman es teh manis biasa,yang membuatnya berbeda adalah dengan menggunakan teh asli buatan pulau Bintan yang tidak kita temui dikota lainnya.Ciri khas teh  ini beraroma harum,wanggi lain dari teh yang ada didaerah - daerah Indonesia.Penyajian cukup simple dan nikmat baik itu disajikan panas maupun dingin.
Bila anda menyantap hidangan diatas tidak ada salahnya menyoba minum teh obeng khas Batam,akan terasa abdol,nikmat jika menyantap hidangan khas Batam.

       Kawasan Batam menjadi pintu masuk wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang ingin belibur di Indonesia.Oleh karena itu banyak juga waralaba merk asing yang menjadi saingan hidangan lokal.Namun bagi wisatawan pengemar wisata kuliner pasti akan mencari hidangan khas yang ada dibatam karena rasanya yang nikmat dari pada waralaba merk asing.
      Sekedar Info buat anda yang akan berlibur ke Batam hendaknya mencoba berwisata kuliner hidangan khas batam yang seru......Maknyos deh gan....!!!



0 komentar:

Posting Komentar

Translate my Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

About